Monday, September 29, 2014

Hilangnya budaya 'TERIMA KASIH'

Suka kesel gak sih.. Kalo kita abis nolongin orang tapi gak dapet ucapan terima kasih..

No offense lho yah..emang sih kita itu harus menolong tanpa pamrih..inget ya TANPA PAMRIH.. Tapi seenggak nya yang ditolong iti mbo ya mengucapkan sesuatu yang menyenangkan gitu lho

Sebagai contoh kemarin, disalah satu toserba.. Gw liat di depan mata sendiri.. Yaitu nyokap gw..

Jadi gini, ada ibu2 bawa troli dengan anaknya didalam troli, kesusahan tuh untuk masuk ke dalam gang gang perbelanjaan (apalah namanya, pokoknya di tempat kopi-kopi, teh dll dst dsb) ibu itu susah masuk karena terhalang kardus mie..dan dia cuma dorong-dorong kardus itu dengan troli nya tanpa menyingkirkannya dengan tangan.. Udah bisa di tebak dong..mana bisa bergerak tuh troli

Dengan baik hati nyokap bantuin tuh ibu ibu nyingkirin kardus mie, eh bukannya bilang terima kasih ibu itu malah melengos melengis, jalan dengan dagu terangkat tanpa menengok, tersenyum bahkan mengucapkan terimakasih kepada orang yang membantunya

Sepele emang ya.. Tapi itu penting lho..seriusan.. Itu berkaitan dengan etika bermasyarakat mba bro..dan itu berbanding lurus dengan nilai-nilai budaya bermasyarakat di indonesia..

Gw lagi gak lebai lho.. Tau apa yang gw bilang ke ibu itu? Karena gw terkenal jago nyindir gw bilang aja

"BILANG TERIMA KASIH KALI BU, UDAH DIBANTUIN MAEN NYELONONG AJA"

Dan ternyata suaminya si ibu ada di deket gw.. Dan ngeliatin gw..bodo amat dah

Orang tua jaman sekarang beda banget sama orang tua jaman dulu

Dan gw beruntung hidup di generasi 90..dimana banyak film kartun.. (lho jadi gak nyambung)

Dulu gw selalu diajarin, kalau di bantu orang harus mengucapkan terimakasih.. Bahkan dikasih permen aja harus bilang terimakasih.. Yuuuk

Kalo gw rasa hilangnya budaya terimakasih tersebut karna adanya pembiaran dari orang tua..karena orang tuanya tidak membiasakan hal tersebut
..budaya tersebut terulang, dan terulang lagi di generasi selanjutnya sehingga timbullah fenomena yang biasa kita sebut fenomena gunung es..Gak percaya? Gw ada pengalaman

Bukan maksud riya.. Atau pun pamer sok baik..bukaaaan.. Beneraaan

Jadi gini waktu tuh gw sama cowok gw lagi edisi naek angkot.. Gw duduk dibangku 6 kedua dari pojok (bukan dibelakang sopir ya,) nah disebelah gw persis ada anak sma.. Biasa kalo angkot yang menuju kutabumi gitu..abangnya suka minta ongkos di pool nya., jadi narikin uangnya dari depan  pintu..soalnya dia lagi gantian shift sama abang yang laen.. Nah ni anak pojokan (mari kita sebut dia begitu) mau kasih duit ongkos nya..tapi apa daya tangannya tak sampai.. Jadi gw bantuin lah ya ambil uang anak itu untuk kasih ke abangnya dan ambil kembaliannya dan dikasih kembali ke anak pojokan..sambil senyum lho gw ngasih nya..(karena anak pojokan ini cewek..kalo cowoh gw jutekin karena dia males menggerakan badannya untuk menyodorkan uang..) Tapi apa yang terjadi permisah.. Anak pojokan ini ngambil uangnya dan segera dimasukkan kekantong nya.. (yaiyalah masa masukin ke kantong gw).. Tanpa senyum dan tanpa sepatah kata..lalu dia melanjutkan sms an atau bbm an (gak tau juga c dia ngapain..yang jelas megang hp) dan gw masih ngeliatin anak pojokan itu lho..berharap dia mengucapkan kabar gembira seperti.. Oia mba uang kembaliannya untuk mba aja karna sudah tolongin saya.. Tapi tidak satu kata pun yang terucapkan...

Ya sudah.. Gw tetep stay cool dan senyum ke cowok gw.. Cowok gw kesel kali ya.. Jadi di sindir tuh anak pojokan.."MAKANYA LAIN KALI JANGAN DIBANTUIN".. Karena sudah kodrat nya para penumpang angkot itu kepo (gak semua sih) alias selalu nguping pembicaraan orang nya duduk di depan, disamping, di belakang, atau diatas nya ( gak mungkin lah) jadi perhatian hadirin angkoters beralih ke anak pojokan itu.. Rasain lo.. Haha


Itu lah sebagian contoh kecil..mungkin masih banyak lagi..

Pesen gw sebagai pemerhati masalah sepele.. jangan pernah lupa ucapin terimakasih ke orang2 yang udah bantu lo..sekecil apapun itu.. Bahkan ketika seandainya lo diputusin sama pacar lo.. Lo juga bisa ucapin terimakasih kok "terimakasih sudah nyakitin hati gw" hahaha.. Itu contoh lho ya..

Cao

Xoxoxo
posted from Bloggeroid

0 comments:

Post a Comment